Learn, Earn, Share..

31 Desember 2009

3 Fenomena Astronomi di Awal Tahun 2010

11:43 Posted by dMid , 45 comments

Tahun 2010 segera datang. Cukup banyak kejadian di tahun 2009 ini yang tak sempat terekam disini. Kebiasaan microblogging (bercerita dalam 140 karakter) rupanya lebih praktis dan efisien untuk seorang *pemalas* semacam saya :D

Ingin bercerita lagi, sekedar flashback. Banyak sekali fenomena astronomi yang terjadi di sepanjang tahun 2009 ini. 1 yang berkesan adalah Hujan Meteor Leonid. Melihat beberapa meteor yang jatuh dini hari itu, benar-benar bisa sedikit menghibur hatiku yang saat itu sedang merasa perih-perihnya putus cinta *prikitiwww*. Dan di awal tahun 2010 ini, paling tidak ada 3 fenomena astronomi yang akan terjadi:



- Gerhana Bulan pada 1 Januari

Yang menarik adalah, Gerhana ini muncul di awal tahun baru, terjadi selama 1 jam, antara pukul 01.53 - 02.53 WIB. Di beberapa tempat seperti Papua atau Indonesia bagian timur, gerhana ini masih bisa disaksikan hingga pagi, antara pukul 03.53 - 04.53 WIT. Sayangnya, menurut berita yang saya kutip di tempointeraktif, gerhana ini hanya sedikit saja menutupi bulan purnama. Bayangan hitamnya kecil, hanya 7 persen.

Tapi ini menjadi hal menarik tersendiri,  sambil menikmati malam pergantian tahun, dan kembang api. Apalagi kalau ditambahi listrik mati, hehehe. Disamping itu, peneliti juga mengingatkan kemungkinan terjadinya rob karena air laut sedang pasang saat purnama. Jadi, untuk Anda yang merayakan malam pergantian tahun ini di pantai, Kenjeran misalnya :p, tak ada salahnya kalau waspada, karena kemungkinan banjir di pesisir akan terjadi apalagi jika turun hujan lebat di atas laut.



- Hujan Meteor pada 3 Januari

Seperti hujan metor lain, agak sulit kalu dilihat dengan mata telanjang. Lebih mudah kalau di tempat yang jauh dari segala sumber cahaya dan didukung oleh suasana langit yang cerah. Hujan meteor ini terjadi sekitar pukul 20.00 - 24.00 dengan intensitas hingga ratusan meteor perjam. Lihatlah sebelah utara, di konstelasi bintang Quadrantids.


- Gerhana Cincin Matahari pada 15 Januari

Di Cina, gerhana matahari 15 Januari nanti akan menjadi gerhana matahari cincin pertama kali sejak 22 tahun, juga yang terpanjang di dunia selama 1000 tahun. Di China yang pertama kali melihat gerhana cincin matahari adalah Propinsi Yunnan, dan kemudian Guizhou, Sichuan, Chongqing, Hunan, Shaanxi, Hubei, Henan, Anhui, Jiangsu, terakhir matahari terbenam Peninsula Shandong, total lebih dari 11 provinsi dan kota. Karena cincin itu sangat luas, kelangsungannya juga sangat lama, sangat jarang. 

Di Indonesia, gerhana matahari ini tak terlihat sempurna, hanya tertutup sebagian saja. Berlangsung antara pukul 15.00 - 16.00 WIB. Intensitasnya pun berbeda di beberapa wilayah. Di wilayah Papua dan sekitarnya, gerhana ini tak dapat dinikmati. Di wilayah Sulawesi Utara, kegelapan gerhana ini berkisar 0-5 %. Di Jawa Barat dan Jawa Tengah antara 0-10 %. Sedangkan di Kalimantan mencapai 5-20 %. Wilayah yang akan cukup gelap terjadi di Sumatera, disini cahaya matahari bisa meredup sampai 60%.

Menurut berita koran South East Express, Pan Xiaoqing, seorang Wakil Sekretaris Jenderal Astronomi Masyarakat Province Fujian mengatakan bahwa 2009 sampai 2010, bulan, bumi dan matahari tiga planet bertepatan  bergerak ke posisi yang memudahkan terjadinya fenomena langit, sehingga dalam dua tahun beberapa keajaiban astronomi akan terjadi.

Matahari surabaya pagi sampai siang ini, cerah sekali. Semoga cuaca yang baik juga terjadi malam nanti hingga esok pagi. Selamat menikmati malam pergantian tahun, dan Selamat Tahun Baru 2010.


sumber: http://www.epochtimes.co.id/serbi.php?id=151

45 komentar:

  1. wahh mantapp.. semoga langit solo cerah saat itu..

    BalasHapus
  2. semoga cuaca cukup bersahabat untuk bisa menikmati fenomena alam yg terlihat...

    BalasHapus
  3. hmmm....

    semua fenomena merupakan tanda kebesaran-Nya

    BalasHapus
  4. benar kata bank je(pangeran cyber) semua itu kebesaran Tuhan, semoga menjadikan kita semakin beriman.. tp masalah cinta jg termasuk fenomena y??? ckckckc

    BalasHapus
  5. Semoga selain fenomena2 astronomi diats, pada tahun baru ini, Juga membawa keberkahan bagi masyarakat Indonesia juga....

    BalasHapus
  6. kunjungan balik. Salam kenal bro, ya ikut sependapat ama koment2 di atas hehe

    BalasHapus
  7. Salam kenal juga bro, kunjungan perdana blogspot ane

    BalasHapus
  8. Kunjungan perdana dari anak kampung salam kenal ajah deh kapan-kapan mampir dunk

    BalasHapus
  9. waduh saya jadi pengin liat yang gerana mataharinya tuh

    BalasHapus
  10. asik ya kalo bisa lihat asteroid aku pingin tapi belum kesampaian teruuus

    BalasHapus
  11. gerhana bulan, ada bidadari turun dari khayangan. hehe

    BalasHapus
  12. Nice info juragan....

    Putus cinta? Ndang cepet golek gantine...!!

    BalasHapus
  13. kira2 pertanda apa ini, kok di awal 2010 ada fenoemana astronomi semacam itu. semoga sebuah pertanda baik. selamat tahun baru 2010, selamat menyongosng perubahan dan pembaharuan.

    BalasHapus
  14. semoga pertanda baik ya.....apa itu pertanda bahwa langit sudah mau runtuh?
    langit sudah mulai berat menyangga beban yang ada padanya. atau langit mulai sebal melihat polah manusia sehingga mulai menjatuhkan semua bebanya ke dunia?
    entahlah.........

    BalasHapus
  15. Selamat tahun baru 2010 !!
    Mau dooong bisa melihat hujan meteor, tapi apakah bisa lihat jika posisi di Bekasi ? *ngarepmodeon*

    Cari Uang Di Internet

    BalasHapus
  16. Siip infone kang.. ngenteni Udan meteor ae... hunting Foto...

    BalasHapus
  17. mantaffs artikelnya Gan

    jadi pengen buru buru liat gerhana matahari nih

    kalau liat hhujan meteor sih, harus pake teropong Gan...

    BalasHapus
  18. wah... sayang sekali, tidak sempat melihat gerhana.

    BalasHapus
  19. selamat tahun baru 2010
    *kok dapat informasi perbintangan secara lengkap darimana?*

    BalasHapus
  20. patah hati ma sapa mas????
    kan kamu yang katanya suka bikin cwek sakit hati???

    BalasHapus
  21. wah gerhana bulannya hanya sebagian
    gak jelas liatnya..
    di berita kurang jelas apakah gerhana bulannya sebagian atau penuh :(
    met tahun baru aja bro..

    BalasHapus
  22. ane baru tahu kalo ada gerhana yak apa gara2 ane di jalan selama setahun...hehe...lengkap banget infonya..

    BalasHapus
  23. gerhana mataharinya kelihatan ga ya dari indonesia??

    BalasHapus
  24. Iya nih, mudah-mudahan kelihatan di rumahku.. hehehe lewat tipi..

    BalasHapus
  25. pertamax, selamat tahun baru gan...

    BalasHapus
  26. selamat kelon, eh tahun baru, kalo tahun baruku baru dimulai besok februari kuwek!

    BalasHapus
  27. Halah salah pencet! dadi nyepam duehhh!!

    BalasHapus
  28. lo emang bener ya ada hujan meteor
    wah ketinggalan nih sayah *penasaran

    BalasHapus
  29. wah kudu nonton yg tanggal 12 nih

    BalasHapus
  30. Yang jelas moga gak ada meteor yang nyungsep di blog ini .... kabuurrr :)

    BalasHapus
  31. posting posting,, produktif produktif,, demid demid.. ayo cak..

    BalasHapus
  32. benar sekali gan, pas hari itu keredupan di sumatera bisa lebih dari 60% khususnya pekanbaru, bukan karena gerhana tapi hujan lebat...he he...

    btw, mantab

    BalasHapus
  33. semoga dibalik fenomena tidak terjadi bencana

    BalasHapus
  34. semoga hanya cuman fenomena

    berkunjung n ditunggu kunjungan balikna makasih

    BalasHapus
  35. Wah, aku nggak sempat menyaksikan fenomena alam itu, Dit. Yang gerhana matahari kemarin, dari Surabaya nggak kelihatan apa-apa.

    BalasHapus
  36. banyak fenomena yang terjadi...pertanda apa gerangan

    BalasHapus
  37. wah.. gak perhatiin kejadian2 ini.
    tapii, iya juga ya. lumayan banyak fenomena alam awal tahun ini..

    BalasHapus
  38. pokoknya jangan sampai kiamat aja. :(

    BalasHapus